EKSTRAKURIKULER

WANALANA

Seperti cendawan yang bertumbuhan di musim penghujan, dewasa ini sangat banyak bermunculan berbagai organisasi pecinta alam. Tetapi tidak seperti usia jamur yang hanya sementara waktu, lalu layu… organisasi pecinta alam di SMAN 1 Pekalongan, telah mengalami banyak sang-surut dan tantangan alam serta waktu.

Dengan semangat environmentalist, WANALANA bukanlah kelompok orang-orang berani mati, tetapi adalah wadah semangat orang-orang yang berani menghadapi tantangan hidup.

Karenanya, ekstra kurikuler ini tetap menekankan pendekatan kepada Tuhan, mewujudkan rasa syukur kepada alam yang dibalut dengan semangat aktivitas kepeloporan, kemandirian, penjelajahan, petualangan, olah-raga alam bebas, penelitian lingkungan hidup dan tugas-tugas untuk kemanusiaan.

WANALANA selalu setia menanti siapapun yang memiliki hasrat dan ingin bergabung, di Base Camp kami di SMAN 1 Pekalongan.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan :

~ Orientasi medan, ekspedisi dan survival

~ Long march antar kota
~ Susur panta dan Observasi kehidupan kelautan
~ Birdwatching

~ Konservasi lingkungan

~ Penerbitan buletin Wanalana

~ Beberapa kegiatan peringatan : Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup

~ Mengikuti berbagai lomba di tingkat daerah maupun nasional

KIR (Karya Ilmiah Remaja)

Adalah kegiatan ekstra kurikuler yang mewadahi bakat-bakat dalam bidang ilmu pengetahuan-teknologi, penelitian, pengembangan dan penemuan serta penulisan ilmiah.

Dengan pendekatan penelitian yang tetap menyenangkan, gembira dan bersahaja kelompok KIR tetap tidak kehilangan gregetnya dari waktu ke waktu.

Kegiatan utamanya, adalah :
~ Observasi, yang biasanya diadakan setelah semester 1. Beberapa tempat yang pernah mendapat kunjungan observasi diantaranya adalah : Pabrik-pabrik dan pusat industri di seputar wilayah Jawa Tengah.
~ Persiapan, pembentukan tim, penelitian dan pengembangan untuk kompetisi ilmiah tingkat daerah maupun nasional, seperti kompetisi ilmiah yang diadakan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Olimpiade Sains dan Teknologi.
~ Pembuatan karya tulis ilmiah.
~ Pada perkembangannya, dengan memanfaatkan media informasi online melalui situs resmi http://www.sman1pekalongan.sch.id, KIR Smansa juga akan menjadi fasilitator cikal bakal Forum Diskusi Ilmiah setingkat SMA di Pekalongan.

RAMA (Remaja Masjid Al-Alim)

Kegiatan-kegiatannya lebih menekankan pada kegiatan ukhuwah-keorganisasian berbasiskan pengetahuan dan implementasi agama Islam untuk kawula muda.

Beberapa kegiatan rutinnya :
~ KISS (Kajian Ikhwan Selasa Siang, kajian ilmu-agama untuk santri putra).
~ KaNTS (Kajian Annisa, kajian ilmu-agama untuk para putri, setiap Jumat siang).
~ RAT (Renungan Akhir Tahun, setiap malam tahun baru Hijriyah).
~ Perkemahan Tafakur Alam. ~ Penerbitan Buletin Rama.
~ Tak kalah menariknya, RAMA juga memiliki unit kelompok Nasyid Rama untuk yang gemar dan berminat dalam seni suara dan musik yang Islami.

CITRA MEDIA

Adalah salah satu kegiatan di SMAN 1 Pekalongan yang menitikberatkan pada wilayah penulisan, pengetahuan media-informasi dan publikasi, jurnalistik, seni-budaya dan eksplorasi kreatifitas remaja lainnya.

Kita bisa menuangkan seluruh gagasan dan fantasi kita melalui saluran yang telah disediakan dalam bentuk penulisan kreatif, pengetahuan dasar jurnalisme dan kreatif visual yang biasanya tertuang dalam bentuk-bentuk : reportase even, reportase survei dan riset, puisi, esai, penulisan artikel ilmiah dan non-ilmiah, opini, anekdot, cerita pendek, disain grafis, ilustrasi, kartun-karikatur, vignette, fotografi dan lain sebagainya.

Citra Media mempunyai dua media utama, yaitu :
~ Mading(Majalah Dinding) yang terbit rutin setiap bulan, dan
~ Majalah Citra. Bahkan sebagai pelopor penerbitan majalah sekolah setingkat SMA di wilayah Pekalongan, Majalah Citra telah memperoleh sertifikasi dari pusat data penerbitan yang berpusat di Paris, dengan nomor lisensi ISSN 0853-6902 (Internasional Standard Serial Number/Internasional Serial Data system).

Pada perkembangannya, Citra Media juga mencoba memperluas ruang geraknya dengan memasuki wilayah media audio-visual dengan telah terlaksananya pembuatan film-film independen (film dokumenter dan film cerita), serta mencoba merambah wilayah teknologi informasi melalui jalur internet untuk mewujudkan embrio Citra Media-Online.

%d bloggers like this: